--> WISATA ALAM GEOLOGI DAN KEBUMIAN DI KARANGSAMBUNG KEBUMEN | KEBUMEN BERIMAN

download,script,cms,portal,bisnis,gratis,

Thursday, November 27, 2014

WISATA ALAM GEOLOGI DAN KEBUMIAN DI KARANGSAMBUNG KEBUMEN

| Thursday, November 27, 2014

Konservasi Kebumian

Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung merupakan kawasan Cagar Alam Geologi Nasional yang perlu dilindungi dan dilestarikan untuk kemajuan geologi Indonesia. Kawah Candradimuka bagi calon calon ahli geologi Indonesia juga Dunia. Di sinilah laboratorium alam geologi terlengkap di Indonesia terbentang. Batuan kerak samudera, kerak benua, laut dalam, gunung api bawah laut dan sebagainya.

Penelitian Kebumian

Fokus kami melakukan penelitian dan kajian ilmiah bidang geoteknologi di Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung khususnya dan di Jawa Tengah pada umumnya. Dengan sumber daya peneliti yang berkualitas, kami melakukan penelitian dan kajian antara lain pada bidang geologi lingkungan, tata ruang wilayah (GIS), geologi kebencanaan, sumber daya mineral dan juga sumber daya air.

WISATA BATU

Batumulialukula.com menyediakan jasa GUIDE wisata batu karang sambung dengan tujuan lokasi
  1. Sela Randa, Merupakan komplek Andesit tua aliran lahar gunung api bawah laut.
  2. Totogan, Kompleks batuan bancuh (kacau) yang terjadi akibat proses pencampuran tektonik di palung penunjaman lempeng samudera.
  3. Situs batuan metamorf serpentinit di Pucangan, Batuan berwarna kehijauan ini berasal dari perut bumi di bawah lantai samudra. Batu ini hasil pembekuan magma pada kerak samudra, berubah ketika bersentuhan dengan air laut dan berubah lagi ketika masuk zona tunjaman dan terangkat ke permukaan bumi.
  4. Situs batuan metamorf sekis mika di Kali Brengkok, Batuan dengan mineral mika yang berkilauan ketika tertimpa sinar matahari ini adalah batu tertua yang tersingkap di Pulau Jawa. Pengukuran dengan radioaktif menunjukkan batuan ini berumur 121 juta tahun, dari Zaman Kapur. Batuan alas Pulau Jawa ini memiliki nilai ilmiah tinggi karena membuktikan bahwa sejak zaman itu telah terjadi tumbukan lempeng samudra dengan lempeng benua di kawasan Karangsambung. Batuan ini berasal dari batuan pasir yang mengandung mineral asam dari lempeng benua yang masuk ke zona subduksi dan berubah menjadi sekis mika.
  5. Situs tumbukan lempeng samudra dan lempeng benua

Related Posts

No comments: