--> Xiaomi MiBand, Smartband dengan Harga Hemat | KEBUMEN BERIMAN

download,script,cms,portal,bisnis,gratis,

Tuesday, August 6, 2019

Xiaomi MiBand, Smartband dengan Harga Hemat

| Tuesday, August 6, 2019
CHIP.co.id - Xiaomi punya cara sendiri mengajak konsumen hidup sehat. Hidup sehat mustinya banyak gerak dan cukup istirahat. Inilah konsep dasar dari gawai MiBand yang sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 250.000,-. Harga ini termasuk paling murah dibandingkan dengan wearable device seperti Sony Smart Watch atau Samsung Gear. Tentu saja, karena Xiaomi mengurangi berbagai feature yang sesungguhnya tidak diperlukan, khususnya bagi konsumen yang menyukai olahraga rutin sehari-hari.
Tidak perlu ada feature voice call yang bikin menelpon bak tayangan film Star Trek. Tidak usah pula dilengkapi dengan notifikasi media sosial yang kerap bikin kita malah sulit konsen, karena harus buka layar demi melihat up date. Juga tak perlu feature kontrol music player niscaya bisa mengurangi biaya produksi. Nyatanya untuk menemani Anda berolahraga, fungsi pengatur lagu juga tidak terlalu penting.
Jadi, dengan fokus pada beberapa hal dan meniadakan lebih banyak hal itulah akhirnya kita bisa paham mengapa smartband ini jadi sangat murah. Sekadar informasi saja, smartband lain, rata-rata di atas Rp 1,5 jutaan. Bahkan ada yang harganya setara dengan smartphone kelas menengah, di kisaran Rp 3-4 jutaan.
So, untuk sehat, Anda tetap bisa hemat.

FORM FACTOR

MiBand terdiri dari dua bagian; bagian inti (core unit) dan gelang. Namun, dalam kotak bungkus masih ada tambahan charger converter untuk mengisi-ulang baterai core unit ke colokan USB komputer. Desain MiBand sangat simple, seperti gelang kesehatan. Untuk ukuran pergelangan tangan orang Asia pun pas. Bak gelang saja. Untuk anak-anak usia 10-15 tahun juga bak aksesori . Jauh lebih kecil dari ukuran arloji rata-rata.
Pada tali atau band  terbuat dari karet yang cukup lunak tetapi kuat. Pada bagian tengah terdapat cerukan yang tidak lain merupakan tempat (dudukan) core unit. Pin konektor untuk isi ulang baterai pada core unit juga cukup aman, karena di dalam cerukan dibuat lubang kecil untuk menjaga agar pin tak kena tekanan. Tali dilengkapi dengan delapan lubang  sehingga dapat menyesuaikan dengan lebih banyak panjang keliling lengan pengguna. Sebuah ring yang menjaga agar tak lepas dan sebuah pin untuk mengunci.
Core unit yang berisi komponen dan sensor dapat dilepas. Ada lima layer yang menyatu jadi core unit. Antara lain, dari dalam; cover belakang, PCB dan chip serta komponen, lapisan pinggir, lapisan tengah, dan lapisan atas yang berwarna silver. Ukurannya tak terlalu menonjol. Hanya setebal 9 mm kendati terdiri dari lima lapisan. Dibandingkan dengan berbagai gawai gelang, MiBand termasuk tipis.
Desain oval dengan material terbuat dari aluminium alloy di atas dan polikarbonat melingkupinya. Tiga LED di bagian atas menyajkan indikasi empat warna lampu (biru, merah, hijau dan orange).
Tak usah takut terbilas atau nyemplung air. Sebab, MiBand sudah tersertifikasi oleh IP67.  

PERFORMA
Ketika telah berada di pergelangan tangan, tugas MiBand sebenarnya hanya mencatat seberapa banyak Anda bergerak (khususnya jalan kaki) dan seberapa banyak Anda diam (dalam hal ini tidur).  Mengapa Anda harus bergerak, dalam ilmu kesehatan kita harus membuang energi (kalori) sekaligus membuat lemak (fat). Jumlah gerakan yan harus dilakukan sangat tergantung dari kondisi fisik seseorang. Nah, MiBand melakukan pemrograman sederhana yang kemudian outputnya berupa angka yang harus Anda lakukan untuk berjalan atau berlari setiap hari.
Tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan fungsinya dipasok oleh sebuah baterai  41 mAH. Sedangkan tugas lainnya diserahkan sepenuhnya pada sensor akselerometer dan chip yang ada di dalamnya.
Gelang ini tersinkronisasi dengan smartphone Android, apa pun merk-nya. Tetapi sebelumnya Anda harus mengunduh aplikasi Mi Fit. Semua kontrol dikendalikan oleh aplikasi di smartphone ini. Perintahnya dikirim ke core unit untuk melakukan “perintah”  dan memberi laporan informasi  apakah sudah sesuai “perintah” atau belum. Untuk itu, jalur transportasinya menggunakan  koneksi Bluetooth yang akan menyambungkan segala urusan antar kedua perangkat. Misalnya, melaporkan capaian program jalan kaki atau lari. Ketika Anda tidur, diam-diam juga merekam. Data-data itu lalu dikirimkan ke smartphone untuk ditampilkan lewat aplikasi Mi Fit.
Tetapi koneksi Bluetooth tidak pula harus dilakukan secara terus-menerus selama 24 jam. Core unit tetap bekerja melakukan pencatatan walaupun tidak terhubung ke smartphone. Cukup sesekali Anda pairing kembali, seperti ketika akan mengirim foto atau video, untuk melihat capaian gerakan atau pola tidur. Selebihnya matikan lagi, agar tidak terlalu boros baterai, terutama pada smartphone.
Ada tiga lampu LED yang akan memberi informasi sejauh apa program olah raga mencapai target. Misalnya Anda diharuskan berjalan sehari sebanyak 3.000 langkah sehari. Ketika Satu LED menyala berarti baru sepertiga sukses (atau baru 1.000 langkah). Dua LED sama dengan duapertiga program. Kala tiga LED menyala maknanya sudah memenuhi target.
Memang semua fungsi kontrol dan monitor aktivitas olah badan sepenuhnya ada di smartphone. Mi Band menjadi asisten pencatatnya saja. Tetapi peran gelang ini kian bertambah yaitu sebagai pengingat (alarm atau reminder).  Anda cukup setel menu alarm di aplikasi Mi Fit, selanjutnya Mi Band akan melakukan perintah membangunkan, mengingatkan dan sebagainya. 
Dan, tak perlu tersambung Bluetooth (kecuali ketika reset awal atau ulang alarm). Karena sensor sudah mencatat waktu alarm bekerja.
Dalam kondisi full battery, bisa bertahan hingga 12  hari lebih yang bekerja 24 jam sehari. tetapi Xiaomi mengklaim bisa bertahan sampai 30 hari.

APLIKASI MiFIT
Aplikasi MiFit dibuat Xiaomi untuk menjadi pusat kontrol dan monitor aktivitas tubuh Anda. Walaupun tidak harus menunggu Anda bangun sampai tidur lagi. Aplikasi sebesar 42,14 MB ini kompatibel dengan seluruh brand smartphone Android 4.3 ke atas.
Menu utama sebenarnya hanya tiga, antara lain; mencatat gerak badan sesuai program, mencatat kualitas tidur, dan sebagai alarm. Fungsi pertama tampaknya paling penting. Kalau Anda ingin membuat kegiatan yang terprogram, feature ini akan sangat terpakai. Walaupun sebenarnya ada faktor lain dalam diri manusia yang tidak bisa dikonversikan menjadi angka. Misalnya kondisi kesehatan dan lain-lain yang ikut berpengaruh.
MiFit hanya meminta catatan berupa; nama, jenis kelamin, tanggal lahir, tinggi dan berat badan. Dengan modal empat catatan ini, MiFit akan membuatkan program untuk harian. Ketika kelak misalnya berat badan Anda berubah, maka Anda harus melakukan reset, agar programnya pun berbeda.
Selain angka-angka berupa jumlah langkah, kalori yang terbakar dan lemak yang terbakar, MiFit juga menyajikan grafik batang. Grafik ini akan membantu Anda untuk melihat pola dan tren gerakan Anda setiap hari, setiap minggu. Catatan ini sangat penting agar Anda juga bisa melihat keteraturan olah raga atau sebaliknya.
Pola tidur Anda juga akan dibaca oleh MiBand dan datanya dikirimkan ke MiFit. Data yang diberikan antara lain masa Anda tidur pulas, lama tidur, dan sebagainya. Data ini menyodorkan pola tidur Anda, sudah benar atau tidak.

Sementara alarm bisa Anda setel di menu alarm. Beberapa tugas kecil lainnya antara lain menjadi penginformasi ketika smartphone ada panggilan masuk.  Seharusnya Xiaomi bisa menambahkan beberapa feature tambahan di aplikasi MiFit sehingga value dari gawai satu ini semakin bertambah. (*)
              
             

Editor : Kama
Kelebihan
* Harga terjangkau
* Desain simple dan menarik
* Daya tahan baterai lama
* Tersedia dalam berbagai macam warna
Kekurangan
* Feature terbatas
* Belum ada update pengembangan konten dari Xiaomi
Spesifikasi
  • Dimensi (core  unit)….36x14 x9  mm, 5 gram
  • Kapasitas Baterai….41 mAH
  • Panjang Gelang…..225 mm
  • Koneksi….. Bluetooth v4.0
  • Sertifikasi….. IP64
  • File Size Mi Fit……  42,14 MB
  • Paket Pembelian….kabel konverter  USB, manual paper, gelang, core unit
- See more at: http://chip.co.id/review/gadget-accessories_peripheral/14493/xiaomi_miband_smartband_dengan_harga_hemat_#sthash.gEsYO6hI.dpuf
  • CHIP Today
  •  
Top of Form
Bottom of Form
  •  
- See more at: http://chip.co.id/review/gadget-accessories_peripheral/14493/xiaomi_miband_smartband_dengan_harga_hemat_#sthash.gEsYO6hI.dpuf
  • CHIP Today
  •  
Top of Form
Bottom of Form
  •  
- See more at: http://chip.co.id/review/gadget-accessories_peripheral/14493/xiaomi_miband_smartband_dengan_harga_hemat_#sthash.gEsYO6hI.dpuf

Related Posts

No comments: