--> PTPSE - BPPT Adakan FGD Dimethyl Ether (DME) Sebagai Bahan Bakar | KEBUMEN BERIMAN

download,script,cms,portal,bisnis,gratis,

Friday, November 16, 2012

PTPSE - BPPT Adakan FGD Dimethyl Ether (DME) Sebagai Bahan Bakar

| Friday, November 16, 2012
    “DME merupakan bahan bakar yang digunakan untuk menggantikan LPG di sektor rumah tangga ataupun minyak diesel di sektor transportasi. Karakteristik DME yang mirip dengan LPG, dapat digunakan sebagai bahan bakar rumah tangga. Angka cetananya yang tinggi juga cocok digunakan sebagai bahan bakar diesel,” ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM), Unggul Priyanto pada acara Focus Group Discussion tentang Dimethyl Ether (DME) sebagai bahan Bakar Baru dan Ramah Lingkungan di BPPT (12/11).
    Dimethyl Ether (DME) adalah sumber energi yang bersih dan ramah lingkungan. Sumber energi ini mempunyai keunggulan di bandingkan dengan sumber energi lain, yaitu dapat di produksi dari beberapa sumber dari bahan bakar terbarukan (biomassa,limbah dan hasil pertanian) dan bahan bakar fosil (gas alam dan batubara). Indonesia sebagai negara dengan biomassa dan sumber batubara yang melimpah sangat berpotensi untuk memproduksi DME secara nasional.

   Dimethyl Ether (DME) ini merupakan senyawa ether yang paling sederhana dengan rumus kimia CH3OCH3. Mempunyai karakterstik menyerupai LPG dan penanganan untuk penyimpanannya tidak berbeda jauh dengan penanganan LPG yang telah banyak dipakai sebagai bahan bakar rumah tangga. Beberapa negara seperti Cina dan Brasil memakai DME sebagai bahan bakar campuran dengan LPG untuk kebutuhan bahan bakar di sektor rumah tangga. Negara - negara Eropa dan Jepang Menggunakan DME untuk bahan bakar kendaraan.

  Di indonesia penggunaan DME masih terbatas untuk penggunaan bahan Propellant saja. Pemanfaatan untuk bahan bakar rumah tangga dan sektor transportasi sedang direncanakan untuk di implementasikan segera.

   Potensi Pemakaian di sektor rumah tangga dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan impor LPG dan meningkatkan ketahanan energi nasional., merupaan suatu langkah yang perlu untuk didukung. Kita ketahui dengan menngkatnya pemakain LPG terutama di sektor rumah tangga, jmlah impor semakin meningkat setiap tahunnya. Sedangkan produksi LPG dalam negeri cenderung statis.

   Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Energi (PTPSE) BPPT. dalam mendukung langkah pemerintah untuk penggunaan DME di sektor rumah tangga telah melaksanakan beberapa kajian dalam ujicoba.

  1.  Terkait pemanfaatan campuran DME 20% : LPG 80% untuk sektor rumah tangga,telah dipastikan         untuk penggunaan kompor LPG yang beredar dipasaran.,dapat dipakai secara langsung,tanpa mengurangi kinerja kompor.
  2. untuk keamanan pemakaian bahan material non-metal (karet) dibutuhkan suatu standar khusus, usulan standarisasi ujicoba non-metal untuk campuran DME:LPG dan usulan standarisasi akan menjadi usulan dalam waktu dekat.
 Untuk Penggunaan DME di transportasi telah melaksanakan beberapa kajian ujicoba :

  1. Uji coba pemakaian campuran DME : Solar di mesin Diesel
  2. Dari Hasil kajian, dari sumber sampai kilang/depo pencampuran di butuhkan insfrastruktur khusus yang sesuai dengan DME,tetapi dari depo ke konsumen dapat menggunakan insfrastruktur LPG yang ada dengan mempertimbangkan nilai kalori, masa jenis DME,tekanan uap,efek kelarutan dan standar yang ada.
Dukungn pemerintah baik berupa regulasi,tata niaga, dan insentif yang dibutuhkan agar para investor dapat dengan yakin melaksanakan bisnis DME dengan segera.



Related Posts

No comments: